Cara Menulis Surat Penjualan Kepada Majikan Ideal Anda ...
Bagian - 2
Sekarang mari kita bahas mengenai menulis sebuah SURAT PENJUALAN yang menunjukan kepada majikan bagaimana anda bisa menghemat atau menghasilkan uang untuk mereka.
Coba anda renungkan karir anda terdahulu. Apa yang telah anda perbuat untuk meningkatkan produktifitas, laba, penjualan, atau efisiensi, dan lain sebagainya? Gunakan fakta, gambaran, tahun dan cobalah untuk sespesifik mungkin.
Pencapaian anda bisa didapat dari pekerjaan bergaji atau pekerjaan sukarela, proyek sekolah atau bahkan hobi. Sejauh hal tersebut relevan dengan pekerjaan yang akan anda lakukan, anda juga bisa menyertakannya ke dalam resume.
Jika anda melihat kembali pada setiap pekerjaan yang anda pegang dalam jangka waktu 10 – 15 tahun lalu, apakah anda pernah dipecat dalam waktu 90 hari?
Tidak?
Bagus...!
Itu artinya, anda menghasilkan atau menghemat lebih banyak uang bagi majikan anda dibandingkan gaji yang mereka bayarkan kepada anda. Bila tidak, tentu anda sudah dirumahkan.
Dengan kata lain, ketika anda melakukan pekerjaan dengan baik, anda berarti telah memberi hasil dari investasi seseorang kepada anda. Mungkin 10% atau 20%. Atau mungkin lebih banyak lagi.
Anda harus periksa sejarah kerja anda dan tentukan berapa besar uang yang anda hasilkan atau anda hemat pada pekerjaan itu. Setiap pekerjaan. Lalu, tempelkan angka-angka tadi pada surat PENJUALAN anda pertama, dan pada resume yang kedua.
#1 tuliskan semua uang yang telah anda hemat atau hasilkan bagi majikan.
Apa yang telah anda lakukan untuk meningkatkan laba dalam pekerjaan anda saat ini dan sebelumnya? Jadilah spesifik!
JANGAN tulis:
- Menjual produk dan mencapai target
LEBIH BAIK, tulis:
- Menjual lebih dari $516,750 dalam satu tahun dan melampaui semua kuatoa triwulanan dengan tingkat rata-rata 21%.
JANGAN tulis:
- Menghasilkan penghematan besar.
LEBIH BAIK, tulis:
- Menghemat $45,890 dalam waktu 45 hari.
Bagaimana dengan contoh lain?
Ini SALAH:
- Bertanggung jawab termasuk menerapkan kebijakan dan prosedur, pelatihan karyawan baru, bertatap muka dengan bawahan dan vendor, serta tugas korespondensi ringan.
Ini BENAR:
- Meningkatkan penjualan produk sebesar $34,560 (tumbuh 23%) dalam waktu lima bulan, dengan cara bekerja secara efektif dengan staff dan vendor. Juga telah melatih 14 orang karyawan, lima diantaranya kini telah dipromosikan.
Jika anda merasa buntu, ambillah telepon dan hubungi seseorang dibagian akunting, HR, Pemasaran atau IT dan mintalah bantuan untuk mengkuantifikasi (baca: menaksir ke dalam bentuk angka)nilai dari pencapaian anda. Angka-angkanya pasti ada. Tugas anda adalah menemukannya.
Namun begitu, jika anda tidak bisa mengkuantifikasi pekerjaan anda dalam bentuk dollar, maka...
#2 Tuliskan segala sesuatu yang telah anda lakukan untuk meningkatkan efisiensi atau menghemat waktu.
Karena waktu berarti uang bagi para majikan. Mungkin anda menulis sebuah manual pelatihan, atau menciptakan sebuah sistem pengiriman di tempat bongkar muat. Semuanya adalah permainan yang adil.
Kuncinya adalah untuk mencari tahu seberapa banyak jam yang telah anda hemat perminggu dan ubahlah menjadi nilai dollar. Lalu pertahunkan nilai itu untuk mendapatkan angka yang seimpresif mungkin.
Contoh: Anggaplah anda telah menciptakan sebuah proses yang bisa menghemat waktu selama 30 jam per minggu. Berapa besar majikan anda membayar seseorang untuk melakukan apa yang baru saja anda otomatisasikan? Jika $10 per jam, tambahkan 30% atau lebih untuk biaya asuransi dan manfaat lain dan anda akan mendapatkan nilai gaji per jam sebesar $13. Kalikan $13 dengan 30 dan hasilnya adalah $390 perminggu; kalikan dengan 50 minggu kerja dan anda telah menghemat $19,500 per tahun.
Sekarang anda bisa menuliskan di surat PENJUALAN anda: “Telah menghemat $19,500 pertahun dengan mengotomatiskan proses pengiriman.”
Ini adalah contoh lain dari surat yang dikirim oleh seorang karyawan dukungan teknis:
SEBELUM:
- Menerapkan server fax desktop
SESUDAH:
- Menghemat $95,000 dalam bentuk biaya dengan cara membebastugaskan tiga karyawan penuh waktu, setelah memulai dan memimpin upaya untuk menerapkan pemakaian server fax desktop.
Anda lihat bedanya? Dengan hanya melakukan apa yang anda dibayar untuk melakukannya bisa memberi nilai yang sangat dalam, tapi anda harus membuatnya terlihat begitu jelas.
Yang anda perlukan hanyalah tiga poin berisi-hasil yang bisa mengubah anda dari sekedar pencari kerja biasa yang meraung-raung, “beri saya pekerjaan!” MENJADI saham chip biru berjalan yang berkata, “pekerjakan saya dengan gaji $50,000 dan saya akan memberi hasil 300% atas investasi anda, karena secara rutin saya telah menyelamatkan $200,000 pertahun pada pekerjaan saya dahulu.”
Mana yang lebih anda inginkan, menjadi seorang pencari kerja biasa yang setiap bulan susah payah mencari pekerjaan apa saja pada majikan mana saja, atau bekerja bulan ini pada pekerjaan ideal dan majikan ideal untuk anda?
Tidak peduli pekerjaan apa yang pernah anda lakukan—dan saya tidak peduli apakah itu adalah pekerjaan membersih wc di stasiun bus di Tibet—jika anda tidak dipecat dalam waktu 30 hari, anda telah menghasilkan sesuatu. Anda menghasilkan uang, menghemat uang, meningkatkan efisiensi, memuaskan pelanggan—pokoknya sesuatu.
Apapun yang anda lakukan, jangan pernah membuat diri anda berpikir seperti ini: Saya ada memiliki masalah bila harus mendapatkan hasil spesifik pada pekerjaan saya terdahulu, karena tidak pernah benar-benar bertanggung jawab untuk menghasilkan. Tidak ada cara untuk mengkuantifikasi apa yang pernah saya lakukan.
Jika harus diungkapkan dalam satu kata, pemikiran seperti ini adalah “TAIK!”
Maaf, tapi saya perlu perhatian penuh dari anda...
Coba pikirkan, jika anda tidak pernah memegang tanggung jawab untuk menghasilkan, apakah anda bisa mengambil libur kapan saja, tanpa minta izin pada atasan anda? Tentu saja tidak—anda diharapkan untuk masuk kerja setiap hari dan melakukan sesuatu. Apa sesuatu itu? Berapa banyak uang yang dihemat atau dihasilkan oleh sesuatu itu bagi perusahaan?
Cari tahu!
Buatlah panggilan telepon, kirim email, lakukan apapun yang perlu untuk mengungkap nilai spesifik dari apa yang telah anda lakukan pada pekerjaan terdahulu. Jika anda menyerah dalam melakukan hal ini, berarti anda itu malas secara mental. Anda meremeh kan diri dan keluarga anda. Anda mengacaukan upaya pencarian kerja anda.
Seperti yang telah saya katakan, saya butuh perhatian penuh anda disini.
Apakah saya mendapatkannya?
Apakah anda bersedia melakukan pekerjaan kecil untuk menggali nilai dari apa yang telah anda lakukan sebelumnya pada sebuah pekerjaan?
BAGUS!
Mari kita BERHENTI dan MERINGKAS apa yang telah kita lakukan sejauh ini, karena mungkin anda menemukan bahwa bab itu begitu tidak biasa sehingga anda meragukannya. Itu dapat dipahami!
Dengan membangun daftar 20 majikan ideal dan menulis sebuah surat penjualan yang menawarkan bantuan untuk meningkatkan keuntungan mereka, anda telah benar-benar mengubah pola pencarian kerja yang biasa.
Bukannya bertanya, “Apakah anda memiliki pekerjaan untuk saya?” Anda malah bertanya, “Maukah anda mengetahui bagaimana saya bisa membantu anda meyelesaikan masalah-masalah anda?” Perbedaannya sangat besar.
Anda akan mendapatkan perhatian lebih banyak dari majikan dengan mengikuti metode yang diterangkan disini. Karena, tidak setiap majikan memiliki pekerjaan tapi setiap majikan memiliki masalah untuk diselesaikan.
Saat anda membuktikan bahwa anda bisa memecahkan permasalahan, majikan akan mau berbicara dengan anda—dan mempekerjakan anda. Sesederhana itu saja.
Pola Surat PENJUALAN yang bisa anda gunakan:
Nama Anda
1
Alamat surat Rt.000/Rw.000Kota, Provinsi, Kode Pos
Nomor Telepon
2
Bapak MajikanPerusahaan ABC
Alamat perusahaan
Kota dan provinsi, kode pos
3
2 Januari 2012,
4
Bapak Majikan yang terhormat,
5
Maukah bisnis anda mendapat lebih dari $600.000 dalam bentuk penghasilan baru? Itulah yang telah saya hasilkan selama tujuh tahun berturut-turut sebagai profesional manajemen dan penjualan yang berpengalaman.
6
Silahkan anda pertimbangkan hal-hal berikut:
7
-
Anda akan mendapatkan manfaat dari pengalaman penjualan saya, yang melingkupi semua aspek proses penjualan, mulai dari prospekting dan presentasi hingga penutupan serta relasi klien. Dengan memberi layanan yang istimewa, saya menciptakan hubungan jangka panjang dan mendapat referral yang menguntungkan.
-
Dalam peran saya saat ini sebagai Senior Sales Rep, saya melatih dan memotivasi hingga 14 staff penjualan, berbagi praktek terbaik yang didapat pengalaman 11 tahun dalam bidang sales dan marketing. Sambil memimpin tim ini dengan tauladan, secara pribadi telah menjual lebih dari $600,000 setiap tahun sejak tahun 2005.
-
Anda juga akan mendapat sesuatu dari kemampuan saya berinovasi dan memanfaatkan peluang-peluang baru. Beberapa waktu lalu saya telah membantu menggulirkan produk baru yang menghasilkan pendapatan $400,000 di tahun pertama bagi majikan saya.
8
Saya akan menghubungi kantor anda hari kamis pagi ini pukul 8:30 untuk mengatur waktu agar kita bisa bertemu. Jika hal itu tidak membuat anda nyaman, tolong minta asisten anda untuk menghubungi saya di 0811-123-4567-890 untuk mengatur waktu terbaik bagi kita untuk bisa bercakap-cakap.
Terima kasih untuk waktu anda.
Hormat saya,
9
Tandatangani disini dengan tinta biru
Nama Anda
10
N.B. Jika anda tidak ada lowongan sekarang ini, tolong berikan surat ini kepada seseorang yang ingin mendapat hasil $1,5 juta dalam bentuk pendapatn dari klien baru maupun lama, seperti yang telah saya lakukan. Terima kasih.
Mari kita bedah Pola Surat Penjualan di atas, bagian perbagian, sehingga anda tahu benar apa yang harus anda sertakan dan kenapa...
-
Nama lengkap dan alamat kontak anda. Tuliskan ini di puncak surat, sertakan email dan nomor telepon.
-
Nama lengkap Otoritas pemberi kerja dan info kontaknya. Anda akan mendapatkan informasi ini dari situs perusahaan, dari jejaring kontak anda diperusahaan tersebut, atau dengan cara menghubungi perusahaan dan bertanya kepada resepsionis. Yang penting bukanlah pada BAGAIMANA anda mendapat nama lengkapnya, tapi pada KEPASTIAN anda mendapatkan nama itu. Kecuali mereka melihat namanya di di baris alamat dan di baris salam di bawahnya, surati ini TIDAK akan relevan bagi pembaca—alias tidak akan berhasil.
-
Tanggal hari ini—sertakan tanggal hari ini sehingga surat anda muncul tepat waktu.
-
Salam pembuka. Lagi-lagi, anda akan perlu menggunakan nama otoritas pemberi kerja. Jangan pernah menulis “Bapak / Ibu yang terhormat” atau “Kepada yang berkepentingan.”
-
Pertama, paragraf penarik perhatian. Cara terbaik untuk mengawali surat anda adalah dengan mengajukan pertanyaan, yang anda tahu bahwa pembaca akan menjawab YA pada pertanyaan tersebut. Contohlah format ini pada paragraf pembuka anda: “Maukah bisnis anda mendapatkan MANFAAT SPESIFIK? Itulah yang telah saya hasilkan selama XX tahun sebagai seorang SKILL1 dan SKILL2 yang berpengalaman.
-
Kedua, paragraf transisi. Ini mengarah kepada 3 poin kunci yang mengikutinya; jangan aneh-aneh. Tulis saja, “Silahkan anda pertimbangkan hal-hal berikut ini:”
-
3 poin kunci (tidak 2 dan tidak juga 7 –hanya 3). Disini anda menyoroti hasil terbaik dan paling spesifik yang relevan dengan pekerjaan yang sedang anda cari. Anda bisa menyusun hasil ini dengan cara mengikuti instruksi di bab sebelumnya. Curahkan 80% waktu anda menulis surat ini untuk memoles ketiga poin kunci sehingga mereka berkilau seperti cincin berlian Donald Trump. Inilah beberapa contoh poin kunci untuk memberi anda lebih banyak ide; ingat, yang anda perlukan hanyalah 3 yang seperti ini di dalam surat penjualan anda:
-
Kecakapan IT saya, digabungkan dengan etika kerja yang mumpuni, telah membantu saya menghemat atau memulihkan lebih dari $21,000 sebagai seorang Analis dan Administrator Sistem (2005-2006)
-
Anda akan mendapat manfaat dari kecakapan saya dalam bidang penjualan, pemasaran dan pengelolaan akun yang telah terbukti. Dalam posisi saya sekarang ini sebagai seorang Manajer Wilayah, saya memenuhi dan melampaui quota penjualan secara konsisten melalu upaya yang gigih dan agresif serta sikap yang berorientasi sasaran.
-
Kecakapan teknis saya dibuktikan oleh sertifikasi yang saya dapat (MCE, CNA, Netwok+ dan A+, dengan MCSE yang akan keluar Februaru 2008) dan akan membantu saya memberi dampak besar dan cepat bagi perusahaan anda.
-
Kombinasi dari kacakapan komunikasi serta etika kerja yang didukung oleh gelar sarjana sains dari Minnesota State University (diterima Desember 2007) akan membantu saya menghasilkan kontribusi yang cepat dibandingkan dengan para pelamar baru lain.
-
Anda akan mendapat manfaat dari latar belakang komunikasi saya dibidang pelatihan dan penyeliaan pegawai, layanan pelanggan dan pembelian. Melalui semua posisi itu sambil saya juga kuliah, saya telah memastikan adanya bisnis menguntungkan dan berulang dengan cara membangun hubungan klien yang kuat.
-
Penyelia saya selalu memberikan tugas tantangan penjualan tersulit kepada saya... dan saya bisa menghasilkan. Saya telah mengubah tiga wilayah yang stagnan dalam waktu kurang dari dua tahun, dan sekarang saya sedang bekerja untuk memperbaiki yang keempat.
-
Keahlian penjualan dan layanan pelanggan saya, ditunjang oleh oleh kecakapan manajemen yang kuat, telah membantu saya meningkatkan penjualan produk sebanyak 130%, memenangkan tiga dai 10 kontes penjualan dan mengkonversi tiga perusahaan konstruksi terbesar Amerika menjadi konsumen dari produk majikan saya (2006-2007)
-
Kecakapan teknis saya, digabungkan dengan etika kerja yang tinggi, telah membantu saya mengheman $48.000 dengan menstandarisasi pengujian alat sebagai seorang Service Manager di Ace Inc. (2003 – sekarang)
-
Paragraf penutup, dengan ajakan bertindak. Saat anda memberitahu pembaca bahwa anda akan menghubungi kantornya, anda menandai diri anda sendiri sebagai seseorang yang bisa merencanakan ke depan dan mengambil tindakan. Menang-menang untuk anda. Pastikan saja bahwa anda akan menelpon jika anda berkata akan melakukannya! Dan jangan mengubah susunan kata dalam paragraf ini, selain dari waktu/hari anda akan menelpon dan nomor telponnya.
-
Tanda tangan anda dengan tinta biru. Tidak hitam, merah, hijau tapi biru. Kenapa? Saya tidak yakin, tapi warna biru telah terbukti mendapatkan respon yang lebih baik dalam sebuah surat penjualan dibandingkan dengan warna lain. Barangkali itu dikarenakan ia nampak menonjol dari tinta hitam yang mencetak surat anda, dan menunjukan bahwa ini adalah surat yang ditulis oleh manusia, bukan oleh mesin.
-
N.B. yang profokatif. Sangat penting! Ini adalah bagian kedua yang paling banyak dibaca dari setiap surat, setelah salam pembuka. Karenanya, luangkanlah waktu untuk memoles N.B. anda hingga ia menjadi begitu ampuh, sehingga pembaca akan sangat ingin menghubungi anda setelah membaca hanya bagian ini saja. Silahkan rujuk bab terakhir untuk lebih banyak cara menulis hal ini dan bagian-bagian lain surat penjualan anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar