Jumat, 06 April 2012

memenangkan wawancara kerja 01

Cara Memenangkan Wawancara Kerja Apapun ...


Bagian 1

Buat Dan Bawalah Resume Terjamin

Sekarang, setelah anda mendapat gagasan yang jelas mengenai jenis pekerjaan apa yang sedang anda cari, anda akan membutuhkan resume untuk di bawa pada saat wawancara, sehingga anda bisa dapat dipekerjakan sesegera mungkin.

Secara khusus, tulisan kali ini akan menunjukan kepada anda cara membuat sebuah cetakan Resume Terjamin untuk dikirim atau diserahkan kepada calon majikan.

Dengan menggunakan metode-metode dalam tulisan ini, anda akan membuat sebuah resume yang sama atau lebih baik daripada resume yang bisa anda dapat dari para pembuat resume profesional yang mengenakan tarif $500 atau lebih. Karena sudah lebih dari 11 tahun saya mengumpulkan contoh-contoh resume dari penyedia jasa pembuatan resume besar di Amerika.

Resume-resume itu dikirimkan kepada saya oleh para pencari kerja yang telah membayar uang banyak untuk jasa bantuan resume, tapi dengan sangat putus asa tidak tahu kenapa para calon majikan tidak ada yang menghubungi mereka setelah membaca “Resume Profesional” yang mereka kirimkan.

Kabar buruknya, bagi mereka, bahwa 95% dari resume yang ditulis secara “profesional” itu isinya... hanya sampah! Resume tersebut dijejali oleh “istilah-istilah resume” –bahasa muluk yang tidak ada artinya bagi para majikan yang sibuk.

Kabar baiknya?

Saya akan berbagi rahasia kepada anda yang akan membuat anda ...

Menulis Resume Terjamin Anda Sendiri

...dan anda tidak akan harus membayar $299-$499 yang biasa saya kutip untuk menulis resume (saya tidak lagi menerima klien).

Sekarang, apa yang membuat Resume Terjamin berbeda dari resume lain yang biasa-biasa saja?

Resume Terjamin ditulis dengan menjadikan calon majikan sebagai pokok pemikiran. Karena tidak seorang pun calon majikan yang akan bangun pagi karena ingin mempekerjakan lebih banyak staff. Majikan hanya membuka lowongan ketika mereka punya masalah untuk dipecahkan. Dan tidak ada juga majikan yang mau meluangkan banyak waktu untuk mempekerjakan anda.

Butuh waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu untuk membaca resume, memanggil kandidat, mewawancarai dan membuat penawaran kerja. Proses ini menjauhkan sang majikan dari bisnis mereka, yang mana mereka tidak mau mengalaminya.

Karena itu, resume anda harus dengan cepat menjawab pertanyaan ini: “Apa yang bisa anda lakukan untuk saya?” Itulah pertanyaan yang ada di setiap pikiran para majikan saat mereka sedang membaca resume anda.

JIka anda bisa menjelaskan secara jelas tentang hal-hal baik yang telah anda lakukan, dan membuktikan bahwa anda bisa melakukannya lagi, anda akan memperbaiki peluang untuk mendapat wawancara kerja secara besar.

Sesederhana itu.

Tulislah apa yang akan ingin dilihat oleh majikan. Untuk sampai disitu, setiap Resume Terjamin memiliki lima fitur kunci:

  1. Fokus pada pekerjaan yang anda inginkan
  2. Tekankan pada pencapaian dan hasil
  3. Desain yang mudah dibaca
  4. Bahasa yang mudah dipahami
  5. Kutipan dari orang-orang yang tahu cara kerja anda.

Nah, marilah kita bahas kelima bidang itu secara rinci.

#1. Fokus Pada Pekerjaan Yang Anda Inginkan

Anda harus memberitahu majikan apa yang bisa anda lakukan untuk mereka. Jangan membuat mereka menerka-nerka sendiri –mereka bisa saja mengambil kesimpulan yang salah atau malah jadi atasanan dan membuang resume anda ke tong sampah.

Jika anda tidak mengetahui nama pekerjaan yang sedang anda lamar, paling tidak anda harus tahu skill apa yang bisa anda gunakan. Karena itu, mulailah resume anda dengan satu dari dua judul ini: Sasaran atau Ringkasan.

Sebuah sasaran yang berisi nama pekerjaan adalah cara terbaik untuk memulai resume. Hal itu menunjukan bahwa anda mengetahui benar posisi pekerjaan apa yang hendak anda isi. Contoh:

SASARAN:

Manajer Restoran dimana pengalaman lebih dari 10 tahun dibidang pengelolaan dan pelayanan pangan akan memberi sumbangan bagi operasi yang lebih efisien.

SASARAN:

Network Administrator dimana pelatihan pengalaman lebih dari tiga tahun akan memberi nilai tambah

SASARAN:

Pharmaceutical Sales Rep dimana pelatihan dan pengalaman lebih dari delapan tahun di bidang penjualan dan kesehatan akan memberi tambahan keuntungan.

Jika anda tidak melamar pada lowongan yang spesifik dan tidak tahu nama posisi pekerjaannya secara tepat, anda bisa memulainya dengan Ringkasan. Ini akan memberitahu pembaca kecakapan apa yang telah anda pakai sambil memberi sedikit keleluasaan kepada anda untuk melamar pada pekerjaan yang berbeda. Dan anda bisa menyertakan sebuah kalimat yang “merebut” perhatian yang akan memaksa pembaca untuk terus membaca.

Contoh:

RINGKASAN:

Sedang mencari posisi dimana pengalaman penjualan, manajemen dan operasional selama lebih dari 12 tahun akan memberi sumbangan pada efisiensi yang lebih tinggi. Secara rutin berada di urutan 5 besar penghasil pendapatan..

RINGKASAN:

Sedang mencari posisi sebagai analis atau konsultan bisnis dimana pengalaman lebih dari 13 tahun dalam bidang pengembangan software akan memberi nilai tambah. Telah berhasil menghemat $237,000 pada jabatan pekerjaan terakhir (2006)

RINGKASAN:

Sedang mencari posisi dimana pengalaman desain grafis akan memberi nilai tambah. Telah mendesain jilid buku yang memperoleh dua penghargaan untuk perusahaan penerbitan Fortune 500 (2006).

Memilih apakah mau menggunakan sasaran atau ringkasan, itu bisa menjadi sesuatu hal yang sulit bagi kebanyakan orang.

Mungkin anda pernah diberitahu untuk menuliskan pernyataan terbuka di resume dengan keyakinan bahwa sebuah sasaran atau ringkasan bisa membuat anda tersingkir dari semua pekerjaan.

Ini adalah kesalahan besar!

Sebuah resume yang fokus adalah resume yang ampuh. Resume yang mencoba menjadi segalanya bagi semua orang berakhir dengan menjadi bukan apa-apa sama sekali. Anda tidak sedang melamar pekerjaan apa saja di sebuah perusahaan, hanya pada pekerjaan yang mana kecakapan dan pengalaman anda relevan saja.

Maka dari itu anda harus berpikir bagi pembaca dan memberitahu mereka apa yang ingin anda lakukan, mulai dari awal.

Jika anda ingin membuat pilihan anda tetap terbuka, anda selalu bisa menulis resume kedua atau ketiga yang menampilkan kecakapan yang berbeda.


#2. Tekankan Pada Pencapaian dan Hasil

Resume anda harus memusatkan 80% perhatiannya pada hasil yang anda produksi untuk para majikan atau pada saat anda sekolah, dan hanya 20% pada tugas dan tanggung jawab.

Secara kontras, kebanyakan resume dibuat secara terbalik, dan hanya fokus pada daftar tugas serta tanggung jawab yang kering. Ini memaksa majikan untuk membaca makna dan menerka-nerka nilai anda sebenarnya.

Ini adalah kesalahan besar!

Jadilah spesifik dikala mendaftar pencapaian, gunakan dollar dan angka bila mungkin.

Contoh:

  • Membentuk dan Memimpin Divisi Solusi Pelanggan pada tahun 2001. Memimpin tim penjualan, dukungan dan hardware untuk menembus pasar komputer bagi XEROX Canada. Dalam satu tahu, telah mendapat 80% market share melawan IBM, sambil mencapai target penjualan $5 juta.

  • Lebih dari 10 tahun pengalaman bersama perusaha besar yang melakukan pekerjaan pengemasan, produksi, perakitan, operasi forklift dan transportasi. Secara rutin ada di kelompok 2% untuk produktifitas.

  • Mengurangi biaya administrasi sebanyak $5 juta, memotong $1 juta dari anggaran operasional dan menghemat $100,00 dalam bentuk evaluasi kontrak karyawan ( semuanya di tahun 2005).


#3. Desain Yang Mudah di Baca

Resume Terjamin anda akan mudah dibaca bila menggunakan rancangan yang telah terbukti berhasil di pasar kerja sejak tahun 1996. Resume anda akan mengikuti dua aturan ini:
  • Gunakan judul ditengah. Dengan menggunakan judul di tengah halaman, anda akan membuat resume itu mudah di baca. Contoh:

SASARAN

PROFIL

PENGALAMAN

  • Gunakan font (huruf) yang nampak profesional. Saya memakai dan merekomendasikan Times New Roman 12Pt untuk batang tubuh dan Arial Black, Bookman atau Albertus Medium untuk judul. Kombinasi ini mudah sekali dibaca, dengan penampilan yang profesional.

#4. Bahasa Yang Mudah Dipahami

Resume Terjamin anda memperhatikan saran dari Winston Churcill, yang menganjurkan supaya penulis memakai “kata-kata yang pendek dan umum.”

Kebanyakan resume (termasuk yang ditulis secara profesional!) tidak melakukannya. Penulisnya yakin bahwa kata-kata yang canggih membuat mereka kedengaran lebih cerdas dan lebih berprestasi.

SALAH!

Menjejali resume anda dengan kata-kata seperti implementasi (membuat, memulai), utilisasi (memakai) dan fasilitasi (membantu) hanya akan membuat pekerjaan pembaca menjadi semakin sulit. Hal itu TIDAK akan membuat anda kelihatan lebih cerdas.

Resume anda harus kedengaran seperti anda sedang bicara, hanya saja dalam bentuk tercetak.

#5. Kutipan Dari Orang-Orang Yang Tahu Cara Kerja Anda

Hal ini SANGATLAH penting. Menggunakan kutipan dari manajer atau klien terdahulu akan memberi anda dosis besar kredibilitas pada resume anda, karena apa yang orang lain katakan mengenai anda bobotnya 100 kali lebih ampuh dibandingkan apapun yang bisa anda katakan mengenai diri anda sendiri.

Kutipan yang dikenal juga dengan kesaksian, adalah salah satu bagian terpenting untuk infomercial di TV manapun. Sebagai contoh, jika anda sedang menonton infomercial, tidak peduli apakah sedang menjual pill ajaib, blender, skema cepat kaya atau rambut baru untuk pria kepala botak, 25%-50% program itu akan berupa kesaksian dari pelanggan yang senang.

Ahli periklanan berbayaran tinggi yang membuat infomercial itu tahu benar betapa ampuhnya kesaksian tersebut –ia menghasilkan kredibilitas instan. Kini, anda tahu juga.

Kutipan di dalam resume anda akan membuat pembaca yang penasaran ingin menghubungi anda untuk mencari tahu lebih banya mengenai apa yang bisa anda lakukan. Dan itulah tugas dari resume –membuat telpon berdering.

Dari manakah anda mendapatkan kutipan?

Dari surat rekomendasi, tinjauan kerja, atau dengan menuliskan hal-hal baik yang diucapkan oleh klien atau penyelia tentang anda –selama anda tahu bahwa perkataan itu benar adanya! Sebagai penekanan, anda bisa menggaris bawahinya dalam resume anda.

Contoh:

  • Digambarkan sebagai “pemikir lateral yang baik” oleh penyelia, yang juga menambahkan: “David bisa melihat dari semua sisi situasi, membuatnya menjadi lebih efektif dalam menghapus masalah.”

  • Pimpinan berkata: “Saya jarang menemukan orang yang memiliki banyak antusiasme, dedikasi serta dorongan seperti Mike.”

  • Digambarkan sebagai: “pemain tim yang baik” oleh manajer penjualan, yang juga menambahkan: “[Rebeca] mengambil jalan yang tepat, inovatif dan sungguh profesional dalam berurusan dengan orang.” (2005)

Bagaimana jika anda tidak memiliki surat-surat atau tinjauan kerja apapun? Tidak apa-apa. Anda bisa mendapatkannya secara tertulis untuk anda. Apa yang harus anda lakukan kirimkan sebuah email kepada mantan manajer anda, klien dan suplaier –orang yang pernah menyelia anda atau pernah menjadi pelanggan anda.

Anda akan meminta mereka untuk menulis sebuah surat rekomendasi singkat untuk anda, yang darinya anda bisa mengambil kutipan untuk resume yang sedang anda tulis. Anda ingin meminta kepada orang-orang ini untuk menulis tentang kecakapan anda yang palling bernilai dan relevan dengan cara yang se-berkilau mungkin.

Anda harus secara spesifik memandu mereka tentang apa yang harus ditulis. Mintalah, “Bisakah anda menulis 3-4 paragraf yang menggambarkan kecakapan saya dalam bidang A,B, dan C dengan istilah yang se-berkilau mungkin?”

Beritahu mereka pekerjaan macam apa yang sedang anda cari dan beritahu mereka juga kecakapan anda yang mana yang harus dibicarakan. Tiga atau empat paragraf adalah yang kita perlukan untuk setiap surat atau email.

Idealnya, mereka menulis sesuatu seperti ini: “ NAMA ANDA adalah karyawan terbaik dalam bidang A, B dan C yang kami punya. Usahanya telah menghasilkan $_________ dalam bentuk pendapatan / penghematan.”

Sesederhana itu saja.

Catatan: Selama bertahun-tahun, saya telah belajar, bahwa jika anda meminta 10 orang untuk menulis surat rekomendasi untuk anda, delapan atau sembilan orang mungkin setuju, tapi hanya 5 atau 6 orang saja yang benar-benar akan mengirimkannya kepada anda.

Orang-orang tersebut sibuk, atau mungkin lupa. Karena itu rencanakanlah untuk meminta lebih banyak surat daripada yang anda butuhkan.

Dimana Anda Menempatkan Kutipan Ini Dalam Resume Anda?

Saya sarankan anda menuliskan salah satunya di bagian akhir bagi profil anda dan yang lainnya di bagian akhir pengalaman anda. Dan jangan menggunakan lebih dari dua atau tiga kutipan. Jika itu anda lakukan, anda hanya akan membuat kacau resume tersebut dan membuat pusing pembaca. Sama seperti menambahkan terlalu banyak bumbu ke dalam sayur –secubit atau dua cubit sudah cukup; kalau kebanyakan akan membuat rasanya gak karuan.

Seberapa Panjang?

Tinjauan cepat mengenai panjang. Ini adalah pertanyaan yang saya dengar dari hampir setiap klien: “Apakah saya harus membuat resume saya dua halaman atau satu halaman?”

Jawaban pendeknya: “resume anda haruslah sepanjang yang diperlukan, namun tidak sampai dua halaman.” Tidak ada hukum yang menentang resume dua halaman, khususnya bagi orang yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun, atau untuk melingkupi karir yang sangat teknis yang butuh untuk mendaftar kecakapan komputer anda, kecakapan bahasa dan lain sebagainya.

Akan tetapi pastikan bahwa, jika resume anda sepanjang dua halaman, ia cukup menarik untuk dibaca. Ringkaslah sebisa mungkin dan ingat bahwa anda selalu bisa merinci mengenai pekerjaan atau proyek yang rumit pada saat wawancara kerja.

Tujuan dari resume anda hanyalah untuk mendapat wawancara tersebut, bukan untuk menceritakan semua kisah hidup anda.

Resume satu halaman cukup berhasil bagi kebanyakan orang dan itulah panjang yang biasanya saya bidik ketika menulis untuk klien-klien saya. Saya bisa mengatakan bahwa 75% resume saya panjangnya hanya satu halaman.

Jika anda kesulitan membuat resume anda menjadi satu halaman, jangan khawatir! Lihatlah tulisan selanjutnya di bawah judul “Cara Membuat Ruang Untuk Lebih Banyak Informasi?”

Sekarang, setelah anda tahu apa saja yang harus ditulis dalam Resume Terjamin, marilah kita bergerak ke bab selanjutnya dan mulai mengumpulkan informasi yang akan anda tulis ke dalam resume anda.



Sebelum Menulis –Kumpulkan Informasi Dulu

Dari tulisan terdahulu, anda seharusnya punya daftar tiga kecakapan yang paling bisa anda pasarkan, anda akan menggunakan hal tersebut sebagai kerangka pembuatan resume anda.

Dengan memikir ulang tentang pengalaman dan pendidikan anda, pencapaian apa yang bisa membuktikan kecakapan yang anda punya? Untuk setiap kecakapan, tuliskan paling tidak tiga hal yang telah anda perbuat yang telah membuat anda bangga beserta HASILNYA.

Apa yang telah anda lakukan untuk meningkatkan produktifitas, laba, efisiensi, penjualan, dan lain sebagainya? Gunakan fakta, gambaran, tahun, dan jadilah se-spesifik mungkin. Hasil anda bisa diperoleh dari pekerjaan bergaji ataupun sukarela. Dari proyek sekolah atau bahkan hobi. Selama hal tadi relevan dengan pekerjaan yang ingin anda lakukan, anda bisa menyertakannya di dalam resume anda.

Inilah tiga jalan pintas untuk membantu anda membuat satu daftar hasir yang bisa disertakan dalam resume anda:

  • Tuliskan semua uang yang telah anda hasilkan atau anda hemat bagi majikan untuk setiap pekerjaan. Apa yang telah anda lakukan untuk meningkatkan laba keseluruhan pada pekerjaan anda sekarang atau yang terdahulu?

  • Sekarang mungkin cukup sulit bagi anda untuk mengkuantifikasi pekerjaan anda ke dalam bentuk dollar. Jika begitu, coba lakukan ini. Tuliskan segala sesuatu yang telah anda lakukan untuk meningkatkan efisiensi atau menghemat waktu. Karena waktu adalah uang bagi majikan. Mungkin anda menulis sebuah manual pelatihan... atau membuat sistem baru di ruang surat... apapun dan semuanya boleh disini.

  • Cara ketiga yang memastikan anda fokus pada hasil dan manfaat adalah anda harus mengingat frase ini hingga anda sampai pada tugas-pekerjaan anda: “SEBAGAI HASILNYA.” Ambil frase “SEBAGAI HASILNYA” dan tempelkan pada apapun yang telah anda lakukan dan lihat apa yang anda dapat. Sebagai contoh, anda bisa berkata: “Bekerjasama dengan staff dan vendor untuk menghapus produk yang lamban. SEBAGAI HASILNYA, meningkatkan pendapatan produk sebanyak 15% dan penjualan sebesar $23,000 dalam lima bulan.”

Untuk membuktikan kepada anda bahwa siapa saja bisa menemukan hasil yang mencengangkan untuk ditulis di dalam resumenya, inilah satu contoh “sebelum” dan “sesudah” dari seorang klien programer/analis saya yang memperoleh pekerjaan dengan kenaikan gaji hingga $15,000. Sekarang, orang IT tersebut tadinya memproduksi dengan hasil yang tidak tentu, bukan?

SALAH!

Contoh poin kunci “sebelum” dari resume aslinya nampak seperti ini:

  • Membersihkan database Microsoft Access

Contoh “sesudah”, dari resume yang saya tulis untuknya:

  • Telah membantu mempertahankan kontrak senilai $20 juta dengn klien utama setelah bekerja selama 16 jam perhari dalam jangka empat bulan untuk membersihkan database Access.

Bagaimana anda mendapat hasil ‘sesudah’ tersebut, dengan jutaan dollar menempel di dalamnya?

Ajukanlah pertanyaan “W” (What, Why, When, Where, Whom, dan How) kepada diri anda sendiri mengenai hal terbaik yang pernah anda lakukan. Itulah yang telah saya lakukan dengan klien saya pada contoh di atas. Saya menanyakan kepada dia pertanyaan “W” berikut ini:

  • Whom (untuk siapa). Untuk siapa anda membersihkan database Microsot Access tersebut? (Untuk klien paling bernilai bagi perusahaan).

  • Why (Kenapa). Kenapa anda membersihkan database itu? (Kliennya marah-marah dan mengancam akan memindahkan bisnisnya ke tempat lain)

  • How Much. Berapa banyak pendapatan yang diberikan klien ini setiap tahunnya? ($20 juta)

  • How. Bagaimana Anda membersihkan database tersebut? (dengan bekerja 16 jam per hari selama empat bulan).

Saya bisa saja mengajukan lebih banyak pertanyaan seperti apa, kapan dan dimana, tapi saya sudah mendapatkan informasi yang berharga pada titik ini. Satukan semuanya dengan hasil diawal kalimat (“Telah membantu mempertahankan kontrak senilai $20 juta dengn klien utama....) dan anda pun memiliki poin kunci juara yang akan membuat resume anda kelihatan menonjol.

Jangan sertakan semuanya –apa yang harus ditinggalkan?

Sesuatu tidak layak untuk ada dalam resume anda. Berikut ini adalah daftar enam hal yang jangan anda sertakan:

  • Terlalu banyak pengalaman. Untuk menghindarkan kemungkinan diskriminasi umur dan tetap relevan, saya akan meringkas pengalaman yang lebih dari 12 – 15 tahun. PENTING: Jangan pernah mengatakan bahwa anda memiliki pengalaman “lebih dari 20 tahun” dalam resume anda –ini akan membuat anda tua. Alih-alih, katakanlah “lebih dari 10 tahun” atau “lebih dari 15 tahun”. Angkanya masih akurat, tapi akan memperbaiki citra umur dalam pikiran si pembaca.

  • Judul di puncak halaman, seperti “Resume Kualifikasi”, dan yang sejenisnya. Pembaca yang perlu diberi tahu bahwa mereka sendang melihat pada resume berarti sedang tidak pada posisi yang berwenang untuk mempekerjakan anda. Karena itu jangan sertakan judul untuk resume anda.

  • Bulan masa kerja. Sementara anda harus menyertakan tahun anda bekerja, jangan sertakan bulannya. Hal ini sangat bisa diterima dan membantu menutup celah waktu antar pekerjaan. Tanggal anda harus tertulis seperti ini: (2001-2006)

  • Ganti nama pekerjaan yang susah dengan deskripsi pekerjaan. Ketika menuliskan nama pekerjaan dalam resume anda, ketahuilah ini. Beberapa majikan akan menghubungi pemilik terdahulu untuk semacam wawancara. Anda akan nampak lebih bisa dipekerjakan (dan kecil kemungkinan untuk berhenti dan memulai usaha sendiri), jika anda memposisi ulang diri anda dengan cara ini: Marketing communications / General Manager (atau apapun yang relevan).

  • Alasan berhenti. Informasi ini tidak relevan dan hanya akan memakan ruang berharga di resume anda. Anda akan selalu bisa mendiskusikan fakta ini pada saat wawancara kerja. Jika anda terpaksa untuk menjelaskan kenapa anda berhenti kerja dalam hitungan minggu atau bulan, biar jangan tuliskan di resume.

  • Gaji. Jangan pernah sebutkan hal ini dalam resume ataupun surat lamaran. Tunggulah hingga ada wawancara kerja untuk mendiskusikannya, dan hanya lakukan itu bila anda ditanya.

  • Referensi. Tuliskan ini pada kertas terpisah dan bawalah pada saat wawancara. Dan jangan sertakan kalimat : “Referensi tersedia bila diminta.” Sudah bisa dipahami bila anda memiliki hal itu –menyebutkannya di resume hanya akan mensia-siakan ruang saja.

  • Umur, Jenis Kelamin, Agama atau Kesehatan.

Jika anda masih ragu apakah akan menyertakan sesuatu atau tidak di dalam resume anda, tanyalah diri anda: “ Akankah hal ini akan membuat majikan menghubungi saya?” Jika jawabannya adalah “Ya,” maka sertakanlah. Jika jawabannya adalah “Tidak,” pertimbangkanlah untuk tidak menyertakannya.

Menulis Resume Terjamin Anda Sendiri

Karena anda telah mengumpulkan fakta dan pencapaian, sekarang saatnya untuk menulis. Ketika anda menulis, gunakan kata kerja aktif dan pendek. Mudah diucapkan daripada dilakukan, bukan?

Untuk menguji apa yang telah anda tulis, bacalah keras-keras. Apakah terdengar seperti kata-kata yang diucapkan oleh anggota DPR atau Professor ilmu hukum? O... ow. Jelek banget.

(Contoh: “Implementasi teknik-teknik manajemen proyek beragam yang menghasilkan produktifitas superlatif.”)

Apakah kata-katanya terdengar seperti sesuatu yang hendak anda ucapkan pada saat wawancara kerja? Bagus!

(Contoh: “mengelola tiga proyek yang selesai tepat waktu dan sesuai anggaran, dan menghasilkan laba 32% lebih tinggi”)

Gaya penulisan yang saya anjurkan adalah gaya jurnalistik dengan sedikit kata semacam: sang, sebuah, yang, ku. Tentu saja ada pengecualian, tapi usahakanlah untuk mengurangi kelebihan kata. Berpura-puralah sedang mengirim telegram dan kurangilah kata yang tidak perlu.

Cara mudah untuk melakukan hal itu adalah dengan menulis dua draft resume anda. Yang pertama adalah draft kasar, curahkan semua gagasan yang hadir ke dalam diri anda. Jangan khawatir tentang bagaimana kedengarannya apakah cocok bila ditulis. Apa yang anda hasilkan adalah permata dalam lumpur.

Anda akan merevisi draft kasar ini nanti dan secara bertahap mengurangi materialnya hingga yang tersisa hanyalah Resume Terjamin.

Bagian pertama dan paling utama pada Resume Terjamin anda adalah sasaran atau ringkasan, pada bagian ini anda akan memberitahu majikan pekerjaan apa yang anda cari (Sasaran) atau kecakapan apa yang hendak anda gunakan (Ringkasan).


SASARAN / RINGKASAN

Luangkan sebanyak mungkin waktu pada bagian ini untuk membuat pembukaan yang ampuh dari resume anda.

Sasaran atau Ringkasan anda harus terdiri dari dua atau tiga kalimat paling banyak. Tujuan anda adalah untuk mengawali resume anda denga fokus pada majikan serta kebutuhannya.

Beritahu pembaca apa yang bisa anda lakukan untuk mereka. Dan paksa mereka untuk membaca lebih lanjut.

Jika anda tahu pasti untuk posisi pekerjaan apa anda akan diwawancara ketika anda bertemu dengan majikan, sesuaikan resume anda sehingga mereka melihatnya di awal, seperti ini:

SASARAN:

Network Engineer dimana pengalaman administrasi jaringan dan pengembang software selama enam tahun akan memberi nilai tambah.

SASARAN:

Quality Manager dimana pengalaman lebih dari 10 tahun akan memberi nilai tambah.

SASARAN:

Customer Relations Manager dimana pengalaman selama lima tahun akan memberi nilai tambah.

Namun begitu, ini saya beri rahasia orang dalamnya: Setelah 10 tahun menyempurnakan proses penulisan Resume Terjamin, saya menjadi lebih suka memulai resume dengan RINGKASAN alih-alih SASARAN.

Kenapa?

Karena anda bisa menempelkan kalimat kedua ke dalam RINGKASAN yang berfungsi sebagai “perebut.” Ia merebut perhatian pembaca dan memaksanya untuk terus membaca dan mempelajari lebih banyak. Sangat ampuh!

Contoh RINGKASAN dengan kalimat kedua sebagai “perebut” yang bisa anda tiru:

RINGKASAN:

Sedang mencari posisi dimana pengalaman sebagai network engineering/administration dan pengembangan software akan memberi nilai tambah. Terbiasa dengan jam kerja panjang untuk mengejar tujuan.

RINGKASAN:

Telah menjadi profesional manajemen kualitas dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Telah mengubah operasi dari dua unit bisnis dan telah meningkatkan efisiensi hingga 98% (2002)

RINGKASAN

Sedang mencari posisi sebagai pengelola hubungan pelanggan dimana pengalaman lima tahun dan telah meraih penghargaan akan memberi nilai tambah. Telah meningkatkan taraf kepuasan pelanggan hingga 300% (2001- sekarang).


Karena anda akan membuat Resume Terjamin SETELAH pertama-tama memilih pekerjaan ideal anda dan telah menghubungi majikan ideal, anda seharusnya memiliki gagasan yang bagus mengenai kecakapan yang dibutuhkan oleh majikan. Karena itu pastikan anda menyorot kecakapan itu di sini, pada bagian SASARAN atau RINGKASAN.

Catatan: Jangan tulis segala sesuatu mengenai tujuan karir anda. Hindarkan kalimat-kalimat semacam: “ Sedang mencari peluang untuk mengembangkan,” atau “dimana kecakapan saya akan didayagunakan,” atau “dimana saya bisa meneruskan karir saya”. Kalimat-kalimat tadi adalah mengenai ANDA dan KEBUTUHAN ANDA. Majikan anda gak bakalan peduli!

Selanjutnya....

Yang Terpenting Kedua (berturut-turut) adalah bagian Profil


PROFIL

Anda juga bisa menyebut bagian ini sebagai Profil Profesional, Kecakapan Teknis (bagi programer dan tipe teknis lainnya), Highlight atau Kualifikasi.

Di sini anda harus menyertakan antara empat hingga enam paragraf berpeluru yang melingkupi kecakapan terbaik anda, dan juga tentang sesuatu yang terbaik yang pernah anda lakukan semasa bekerja.

Alasannya?

Sasaran anda membuat Resume Terjamin adalah untuk membuat majikan menghubungi anda. Dan bagian profil adalah metode penting untuk mencapai sasaran tersebut.

Contoh bagian Profil:

PROFIL:

    • Latar belakang yang kuat dalam bidang jur nalisme, dengan pengetahuan langsung mengenai masyarakat pers. Termasuk pengalaman tujuh tahun dalam menulis, mengedit dan menyampaikan berita on-air serta breaking stories.
    • Kecakapan komunikasi lisan dan tulisan yang mumpuni. Dua kali dianugerahi penghargaan oleh AP untuk kecakapan reportase pada tahun 1998. Kemampuan yang terbukti untuk menyeimbangkan kebutuhan kelompok yang bersaing mengenai isue-isue kontroversial.
    • Berpengalaman selama 3 tahun dalam bidang manajemen bisnis sebagai pemilik usaha kecil. Mendapat liputan pers, memperbaiki pemasaran, meningkatkan penjualan dan telah menjualnya dengan keuntungan 100% (1990-1993)
    • Dikutip sebagai “Penilaian berita yang patut diperhatikan,” oleh GM WWX-TV yang berkata: “Joe adalah pemrakarsa yang terorganisir dengan baik yang akan menjadi karyawan luar biasa dalam bidang hubungan masyarakat.”

(perhatikan kutipan pada poin peluru terakhir. Tempat tersebut bisa jadi merupakan tempat terbaik untuk menuliskan kutipan terbaik anda –pada poin peluru terakhir bagian PROFIL anda)

Berikut ini adalah bagian PROFIL lain, dengan posisi pekerjaan yang berbeda (Kecakapan Teknis), dari resume pemenang kerja untuk programer pemula:

KECAKAPAN TEKNIS:

  • Sistem Operasi: Windows 95/98, UNIX pada Sun SPARX dan MS-DOS
  • Bahasa Pemrograman: C, C++, HTML dan JavaScript
  • Software: Microsoft FrontPage, Image Composer dan Word; Lotus 1-2-3 serta MSQL.

Setelah anda menuliskan bagian SASARAN / RINGKASAN serta PROFIL, anda menyelesaikan bagian paling penting dari pekerjaan anda. Tugas anda sudah selesai separuhnya.

Selamat!

KUTIPAN

Kurang dari 1% resume menyertakan kutipan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, teknik ampuh ini adalah salah satu alasan mengapa semua Resume Terjamin bisa dipastikan memberi hasil.

Kenapa?

Kutipan melakukan lebih banyak hal daripada hanya sekedar membuktikan klaim anda. Ia membuat majikan menjadi penasaran dengan anda, dengan begitu mereka akan menghubungi untuk tahu lebih banyak. Dan itulah tugas dari resume anda –membuat telepon berdering.

Saya sarankan anda menyertakan dua kutipan dalam setiap resume: kutipan terbaik anda dan terkini dibagian akhir PROFIL anda (sehingga anda yakin bahwa kutipan itu akan dibaca) dan kutipan kedua di bagian PENGALAMAN anda, di bawah kerangka waktu kerja ketika kutipan itu diucapkan.

Disaat menuliskan pengalaman anda, ikuti sebuah format yang konsisten dan mudah di baca. Saya anjurkan anda mengikuti contoh berikut:


PENGALAMAN:

LAN /WAN Administrator: US Marine Corps, Camp Lejeune, NC (1993-1999)

Untuk setiap pekerjaan yang anda punya, sertakan nama pekerjaan anda, nama perusahaan, kota, provinsi dan tahun anda bekerja. Jangan sertakan nama bulan, karena bisa jadi hal itu akan menyorot suatu celah dalam pekerjaan anda.

Dibawah baris pertama itu, deskripsikan tugas harian anda dalam satu atau dua kalimat. Tapi jangan berkutat hanya dalam tugas dan tanggung jawab saja. Fokuskan 80%nya pada pencapaian spesifik, hasil-hasil, proyek yang efektif, dan hal-hal baik lain yang telah anda lakukan pada tiap pekerjaan.

Jika anda tercatat dalam daftar gaji selama lebih dari 30 hari, barangkali anda memang telah melakukan sesuatu yang tepat. Karena itu, pusatkan perhatian pada hal-hal baik yang telah menghasilkan atau menghemat waktu dan atau uang.

Sementara sungguh penting untuk memberi tahu pembaca tentang apa yang telah anda lakukan pada setiap pekerjaan, lebih penting lagi untuk meluangkan lebih banyak waktu anda membicarakan mengenai bagai mana anda bisa berhasil dan bagaimana anda telah menjadikan diri anda begitu berharga bagi majikan sebelumnya.

Itu mudah dilakukan. Pikirkan lagi saja tugas-tugas harian anda. Hal baik apa yang terjadi ketika anda menjalankan tugas dengan baik? Tuliskan! FOKUSkan diri anda pada hasil! Semakin spesifik, semakin baik!

Alih-alih mengatakan hal ini:

Bertanggung jawab termasuk (namun tidak terbatas) pada implementasi kebijakan dan prosedur, pelatihan karyawan baru, bertatap muka dengan subordinat dan vendor, serta tugas korespondensi ringan.


Katakanlah hal berikut:

Bekerjasama dengan staff dan vendor untuk meningkatkan pendapatan produk sebesar 15% dan penjualan sebesar 23% dalam waktu lima bulan. Juga telah melatih 14 karyawan baru, yang lima diantaranya dipromosikan dengan cepat.

Jadi, deskripsi dari pekerjaan anda bisa dibaca seperti ini:

Account Executive: Radio WWW 107 (CBS), Southfield, MI (1994-1995)

Menangangi penjualan spot radio yang melibatkan akun bisnis- ke-bisnis, akun olahraga dan akun eceran.

  • Melayani sebagai konsultan marketing/advertising bagi pelaku bisnis, mencapai bahkan melampaui semua ukuran pada periode rating. Berada pada peringkat 3 besar di antara 15 eksekutif untuk bidang produktifitas.
  • Menumbuhkan billing akun dari $10,000/bulan menjadi $60,000/bulan dalam jangka waktu 11 bulan.
  • Telah mengerjakan kampanye pada radio, yellow pages, surat-langsung dan televisi. Telah mempertahankan 100% Klien.

Catatan bagi orang yang baru lulus kuliah atau sekolah: jika anda tidak memiliki banyak pengalaman kerja, pastikan anda bisa mengambil manfaat paling besar dari pelatihan atau pendidikan anda.

Sebagai contoh: pada bagian PROFIL anda, sertakan 5 – 10 kelas yang paling relevan dengan pekerjaan yang sedang anda cari. Anda juga bisa menyertakan kerja sukarela di bagian PENGALAMAN anda, bahkan jika anda tidak dibayar untuk pekerjaan itu.

Walaupun adala beberapa pengecualian pada aturan-aturan di atas, format ini memberi anda lebih banyak fleksibilitas untuk mendeskripsikan pengalaman kerja anda dengan cara yang efektif.


PENDIDIKAN

Anda harus menyertakan sebuah bagian yang mendeskripsikan pendidikan anda. Ikuti format berikut:

PENDIDIKAN:

  • Master Of Arts: Fakultas Komunikasi, University of Florida (1994).
  • Bachelor of Arts: Sejarah Seni, San Diego State University (1992).

Bagaimana jika anda tidak memiliki gelar atau pendidikan yang banyak? Berikut adalah rahasia orang dalamnya. Anda bisa menyebut bagian ini sebagai PENDIDIKAN / PELATIHAN dan kombinasikan kursus – kursus atau sertifikasi supaya lebih ‘nonjok’.

Anda bisa mencantumkan pelatihan apapun yang pernah diterima setelah lulus sekolah. Ini adalah cara yang baik untuk memberi lebih banyak bobot pada pendidikan anda yang cuma ‘segitu-gitunya’.

Bagian PENDIDIKAN anda bisa nampak seperti ini:

PENDIDIKAN / PELATIHAN:

  • Pelatihan Profesional termasuk kursus dalam bidang penjualan, pemecahan masalah, kepemimpinan, manajemen, kualitas, riset pemasaran dan kecakapan presentasi (1995 – sekarang)

  • Gelar Associate of Art, City College, Shicago, IL (1994)

Jika anda pernah kuliah, namun tidak lulus, anda bisa mendeskripsikan pendidikan anda sebagai berikut:

PENDIDIKAN

BS: Kursus Keuangan, Ohio State University (dua tahun). Bekerja full-time selama masa itu.

Jika anda masih sekolah, sertakan perkiraan tahun anda lulus seperti ini:

PENDIDIKAN:

MBA: Finance, Michigan State University (Sedang berjalan; lulus tahun 2006)

INFORMASI TAMBAHAN:

Jika ruangnya mengizinkan, sertakan bagian Informasi Tambahan untuk mencantumkan hal-hal baik anda yang tidak cocok bila ditulis pada bagian yang lain resume ini. Jika ia berupa hobi atau pekerjaan sukarela dan anda pikir cukup relevan dengan pekerjaan yang sedang anda cari (dan cukup ruang), tuliskanlah!

Contoh: anda bisa menyebutkan golf atau lari maraton jika anda mengincar pekerjaan sales, karena minat-minat itu memotret anda sebagai orang yang aktif dan enerjik (dan lebih banyak deal penjualan dicapai pada saat olahraga golf daripada ditempat lain.)

Namun menyertakan minat semacam itu bisa jadi tidak relevan jika anda sedang melamar pada posisi sebagai editor naskah, misalnya.

Saya menganjurkan anda untuk menuliskan bagian INFORMASI TAMBAHAN INI sebagai bagian akhir. Ikutilah format berikut:

INFORMASI TAMBAHAN

  • Bahasa: Arab, Perancis dan Inggris (fasih)
  • Kecakapan komputer termasuk Window, Excel, Word, PowerPoint dan Riset Internet.

REVISI

Revisi mungkin adalah hal paling penting dalam menulis, walaupun ia hanya diulas sedikit saja pada kebanyakan panduan membuat resume. Memalukan.

Setelah menulis draft pertama resume anda, biarkalah ia selama 24 jam dan lakukan hal-hal lain yang tidak ada kaitannya. Buatlah pikiran anda lupa akan resume tadi. Jika kemudian anda kembali dan membacanya lagi, anda akan melihat area yang anda ingin mengubah atau memperbaikinya. Hal ini akan SELALU memperbaiki produk akhir anda. Setiap Waktu.

Seberapa panjang resume anda seharusnya?

Jika anda bisa membuat semuanya masuk dalam satu halaman, itu bagus. Tapi dua halaman juga tidak apa-apa bila untuk karir teknis (bahkan lulusan kuliah terkini dengan begitu banyak kecakapan hardware/software untuk dicantumkan) atau untuk orang yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun


Bagaimana anda bisa memberi ruang untuk lebih banyak informasi tambahan?

Ada empat perubahan layout yang bisa anda lakukan untuk menciptakan lebih banyak ruang dan menuliskan lebih banyak teks pada halaman:

  1. Nama dan atau baris alamat di puncak halaman –ciutkan sebanyak 2 poin.
  2. Spasi antar bagian –ciutkan ukuran hurufnya dari 12 menjadi 11 atau 10 poin
  3. Judul bagian –ciutkan ukuran hurufnya dari 14 menjadi 13, bahkan 12 poin
  4. Batang tubuh –ciutkan ukuran huru dari 12 menjadi 11 poin (paling kecil 10,5 poin)


Cara Mengkoreksi

Resume anda harus bebas dari kesalahan, hanya dengan satu kata yang salah eja semua kerja keras anda bisa hancur. Saya pernah berbincang dengan beberapa manajer personalia yang mengatakan bahwa mereka tidak akan memanggil kandidat yang resumenya mengandung salah ketik.

Anda harus mengkoreksi resume anda empat kali dari empat bidang: ejaan, spasi, tanda baca dan isi.

Cetak resume anda sebelum mengkoreksinya. Hal ini akan mempermudah anda membacanya. Anda akan terkejut betapa banyak kesalahan akan muncul dalam halaman tercetak bila dibanding di layar komputer.

Bila sudah selesai, berikan resume anda kepada paling tidak 2 hingga 3 teman anda sehingga MEREKA juga bisa mengkoreksinya, juga. Karena anda tidak akan pernah bisa menjadi begitu sangat cermat.

Sebagai bantuan, silahkan lihat daftar periksa koreksi profesional di bawah.

Daftar Periksa Koreksi Profesional

Cetak daftar ini supaya mudah dipakai. Koreksi resume anda dua kali untuk setiap bagian berikut. Centangilah kotaknya setelah anda menyelesaikan tugas.

  • Informasi Kontak. Pastikan bahwa nama, alamat, kode pos anda benar.
  • Fakta dan gambaran. Periksa semua tahun dan angka di resume dan surat lamaran. Apakah mereka memberi nilai tambah? Apakah mereka konsisten?
  • Kejelasan Isi. Bacalah resume itu keras-keras untuk menemukan kata-kata yang canggung, yang kurang, atau yang lebih.
  • Spasi. Pastikan spasi tiap kalimat dan setiap bagian sama.
  • Ejaan. Bacalah resume anda pelan-pelan untuk menemukannya. Kebanyakan salah eja terjadi pada judul, nama software atau nama perusahaan.
  • Tanda Baca. Bacalah resume anda secara TERBALIK untuk menemukan tanda baca yang hilang atau tidak tepat, seperti koma, tanda hubung antar tanggal, tanda kutip dan semacamnya.
  • Layout. Apakah marjin atas dan marjin bawahnya sama dan enak dilihat? Apakah ada ruang putih dalam dokumen, atau teksnya malah terlalu padat? Cetaklah resume tersebut dan berikan kepada teman-teman anda untuk mendapat komentarnya.
  • Cetakan. Gunakan printer laser. Jangan pernah memakai printer inkjet. Hanya laser printer yang akan menghasilkan kualitas yang dibutuhkan untuk resume anda.
  • Pakai Alat Tulis Berkualitas. Cetak Resume Terjamin anda di atas kertas berwarna krem atau gading. Warna yang lain tidak nampak profesional. (Saya telah menanyai perekrut dan manajer personalia dan mereka setuju). Anda bisa menemukan alat tulis macam ini di toko ATK terkemuka atau di tempat fotokopi –carilah kertas dengan berat 24mg. Hindarkan kertas yang berat macam 30mg atau lebih, karena akan meningkatkan kemungkinan rusaknya hasil cetak.

Kesalahan Yang Harus Dihindarkan

Berikut ini adalah empat kesalahan yang akan memberi rintangan pada kebanyakan resume. Saya selalu melihatnya lagi dan lagi dalam ratusan resume yang saya tinjau tiap tahun dari calon klien.

  1. Kesalahan dalam ejaan dan tanda baca. Ini adalah kesalahan yang paling umum (dan mematikan)!!!! Anda harus membaca pelan resume anda, sekali untuk mendapat akurasi (angka, tanggal, nama kota dll), sekali untuk kata yang hilang atau yang berlebih, dan sekali lagi untuk ejaan kata. Lalu tunjukan resume anda kepada beberapa teman dan mintalah mereka membacanya keras-keras. Dengarkan pada kata apa mereka berhenti; ini bisa berarti anda telah menulisnya secara membingungkan atau tidak akurat. Setelah anda memperoleh umpan baliknya, revisi resume itu sampai ia 100% bebas-salah.
  2. Tidak Ada SASARAN atau RINGKASAN pada bagian awal. Dengan tidak memilih pekerjaan apa yang ingin anda lakukan, anda memulai resume secara keliru. Mengapa? Karena anda telah memaksa majikan untuk membaca keseluruhan resume tadi untuk mengira-kira untuk pekerjaan apa anda cocoknya. Anda telah membuat lebih banyak pekerjaan bagi pembaca anda yang sibuk. Itu adalah hal terakhir yang ingin anda lakukan!
  3. Terlalu Banyak Tugas Dan Tanggung Jawab –tapi KURANG hasil. Memang penting untuk memberitahu pembaca apa yang telah anda lakukan pada setiap pekerjaan anda dahulu, namun jauh lebih penting bagi anda untuk meluangkan lebih banyak waktu membicarakan tentang apa yang telah anda capai dan bagaimana anda telah menjadi diri anda begitu berharga bagi majikan sebelumnya. Fokuskan diri pada hasil dan pencapaian. Semakin spesifik, semakin baik!
  4. Terlalu Banyak Istilah Keren. Sungguh memalukan betapa seringnya sebuah resume hancur berantakan ketika sang penulis mendayagunakan istilah-istilah polisyllabic yang melimpah ruah, atau terlalu banyak memakai istilah keren.

Jangan bersembunyi di balik kosa kata anda. Bila resume anda tidak jelas dan to the point, pembaca akan atasanan, waktu terbuang dan resume anda akan dengan sangat terpaksa harus menemui tong sampah.

Sederhanakanlah!

Tulislah seumpama anda sedang bicara di depan murid-murid SD. Itulah level membaca yang mana semua jurnalis dilatih untuk supaya bisa memikat lewat tulisannya. Jika hal itu berhasil bagi koran-koran Amerika, ia juga harusnya berhasil bagi anda.

Alih-alih berkata “telah mengimplementasi,” cobalah “menerapkan” atau “mengatur”, sebagai contohnya. Jangan “mendayagunakan” bila anda bisa “memakai”. Jangan “bertatap muka" bila bisa memakai "bekerja sama".

.



Perhatian!
Jangan KLIK DISINI, bila anda tidak berkeinginan untuk mendapat sumber pemasukan tambahan baru, atau sudah puas dengan penghasilan anda saat ini!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar